Perbedaan Action Drop dan Action Reject Mikrotik

ASSALAMUALAIKUM WR . WB

Masih di Mikrotik sekarang saya tidak mengkonfigurasi suatu project melainkan menjelaskan bagaimana jika menggunakan konfigurasi itu , yang akan saya jelaskan yaitu tentang.


PERBEDAAN ACTION : DROP DAN ACTION : REJECT




A. Pengertian 

Action Mikrotik yaitu singkatan Aksi berarti aksi apa yang akan timbul setelah kita mengkonfigurasi nya , dan juga hal apa yang berpengaruh setelah kita memilih action apa yang kita konfigurasi  , disini saya akan jelaskan tentang Action .

Penjelasan perbedaan penggunaan Action : drop dan Action : reject pada mikrotik akan kita bahas pada artikel berikut ini .
Action : drop dan reject merupakan dua diantara pilihan Action Filter Firewall
pada RouterOS Mikrotik , keduanya memiliki fungsi yang hampir sama tatapi pada keduanya ada perbedaan yang mendasar .



B. Latar Belakang

Latar Belakang saya share artikel ini , pada awalnya saya bingung tentang Action : drop dan Action : reject itu perbedaan nya dimana kemudian saya cari referensi dan akhirnya saya menemukan nya sekarang saya sudah tau
bedanya . 



C. Alat dan Bahan 

1. Laptop
2. Mikrotik
3. Koneksi Internet



D. Penjelasan Artikel


PENJELASAN ACTION

* Penggunaan Action : drop 


Jika anda saat konfigurasi memilih menggunakan opsi Action : drop , maka data yang berasal dari client akan di buang (drop) oleh router . Hal ini dilakukan secara diam-diam , dengan tidak mengirimkan pesan penolakan
ICMP (Internet Control Message Protokol) sehingga jika mengirimkan ping dari Terminal atau CMS maka hasil nya adalah Request Timed Out (RTO) .


>> hasilnya akan seperti ini .







* Penggunaan Action : reject

Sedangkan jika anda menggunakan opsi Action : reject , maka paket dari client akan di buang namun bedanya si router akan mengembalikan pesan penolakan ICMP pada client . Anda juga bisa memilih pesan apa yang ingin dikirimkan ke client jika menggunakan opsi Action : reject ini .







Dan jika anda melakukan ping maka hasilnya akan
"Destination net unreachable" sama seperti opsi reject yang kita pilih .






> Penjelasan

Jadi perbedaan yang mendasar dari kedua Action adalah itu , jika drop artinya di buang dan tidak akan di pesan balik kalau yang reject ia masih mengirimkan pesan kepada si client



E. Referensi

https://mikrotikindo.blogspot.co.id

http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:IP/Firewall/NAT 



F. Hasil dan Kesimpulan

Hasil nya sekarang sudah tau perbedaan nya dan saya sudah tau konfigurasi apa yang harus menggunakan masing-masing Action tersebut .
Kesimpulan dari artikel di atas intinya Action : drop dan reject mempunyai perbedaan yang mendasar dan jika kita tidak mengetahui nya sampai dalam maka kita akan bingung dalam mengkonfigurasi .




SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA 
SEKIAN DARI SAYA 
WASSALAMUALAIKUM WR . WB
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
17 September 2016 at 01:28 delete

makasih materinya , saya sekarang kalau konfigurasi sudah mudeng hehe .

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
18 September 2016 at 22:08 delete

terma kasih atas info nya jadi sekarang saya mengerti .

Reply
avatar