Cara Buat Quiz Pertanyaan di Moodle

ASSALAMUALAIKUM WR . WB



Karena project saya dalam 1 Minggu kemaren tentang Mikrotik , kali ini saya ngembangin moodle yang udah dibuat temen ane . Dan ane sekarang konfigurasi tentang moodle yaitu .



CARA BUAT QUIZ PERTANYAAN DI MOODLE




A. Pengertian

Moodle adalah system pembelajaran perangkat lunak bebas dan open source yang ditulis dalam PHP dan didistribusikan dibawah GNU (General Public License) . Moodle digunakan untuk blended learning , pendidikan jarak jauh , membalik kelas dan proyek , e-learning disekolah-sekolah , universitas , tempat kerja dan sektor lainnya .

Dengan fitur-fitur manajemen disesuaikan , digunakan untuk membuat website pribadi dengan kursus online untuk pendidik dan pelatih untuk mencapai tujuan pembelajaran , moodle ini memungkinkan untuk memperluas dan menyesuaikan lingkungan belajar menggunakan plugin .

Jadi di moodle ini kita dapat belajar seolah-olah menjadi Guru dan Murid , disini juga terdapat Quiz yang dibuat oleh admin dan dikerjakan siswa yang didaftar kan dengan username dan password yang berbeda-beda .



B. Latar Belakang 

Latar Belakang saya mengkonfigurasi atau mengembangkan moodle ini , karena kemaren teman saya yang buat moodle nya hingga tahap selesai jadi saya yang bertugas mengembangkan si moodle nya . Moodle ini juga terdapat di server kita , maka dari itu saya kalau moodle ini sudah berkembang bisa saya backup kemudian kita lanjutkan di sekolahan atau kita buat Group .



C. Alat dan Bahan 

1. Laptop / PC
2. PC yang terinstall Debian
3. Mikrotik yang sudah tersetting
4. PC yang terinstall Proxmox



D. Maksud dan Tujuan 

Saya bermaksud ingin mengembangkan moodle ini , karena didalam moodle ini banyak fitur-fitur untuk pembelajaran sekolah . Jadi jika Guru membuat moodle ini dia sebagai admin dan hanya membuat tugas atau soal kemudian dikerjakan oleh murid-murid nya .
Tujuan ingin saya kelola di sekolahan saya dan saya kembangkan menjadi media pembelajaran .



E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Pertama kita masuk moodle nya dulu sebagai admin .









2. Jika sudah masuk kemudian kita pilih bagian , yang saya beri tanda garis merah .


> Site administration





3. Maka akan terdapat menu-menu seperti dibawah ini , kemudian kita pilih menu .

> Courses





4. Kemudian di bagian menu courses kita pilih menu yang saya tandai garis merah yaitu .


> Manage courses and categories






5. Setelah anda klik menu tadi maka tampilan nya akan seperti dibawah ini , setelah itu kita akan konfigurasi quiz nya dengan meng klik, yang saya tandai garis merah yaitu .

> Create new course 






6. Jika sudah di klik maka akan masuk seperti dibawah ini , kemudian kita konfigurasi quiz nya seperti dibawah ini .


* Course full name : (nama quiz yang kita buat)

* Course category : (class yg kita buat atau kalau belum buat bisa pilih yang tertera disitu)





7. Kemudian setelah konfigurasi terus kebawah terus kemudian kita pilih .

> Save and display





8. Setelah anda save and display maka muncul nya tampilan nya seperti dibawah ini, kemudian kita pilih yang bergaris merah .


> Enrol users 






9. Jika kita sudah klik Enrol users maka akan muncul seperti di bawah ini, yaitu user mana saja yang kita ikut kan disini saya user nya saya Enrol semua .






10. Jika sudah dipilih mana saja yang di ikutkan kemudian kita klik yang saya beri tanda merah .

> Finish enrolling users 






11. Jika suda kita klik Finish enrolling maka akan seperti dibawah ini , setelah masuk kita klik yang saya beri garis merah .


> Proceed to course content





12. Jika suda kita klik maka muncul nya seperti dibawah ini , kemudian kita klik yang saya garis merah'i yaitu .


> Turn editing on 







13. Yang sebelum nya editing nya off , kemudian kita on kan akan berubah seperti dibawah ini, kemudian kita pilih .


> Add an activity or resource 






14. Maka akan muncul seperti ini , kita pilih "Quiz" kemudian Add 






15. Kemudian setelah kita tentukan membuat Quiz , kemudian kita disuruh memberi nama pada quiz yang kita buat tadi . Seperti dibawah ini 






16. Jika sudah selesai memberi nama pada quiz kita kemudian di bagian paling bawah kita pilih "Save and display"






17. Jika sudah kita save kemudian kita edit quiz nya seperti dibawah ini , kita pilih 


> Edit quiz






18. Jika sudah masuk maka tampilan nya akan seperti dibawah ini , jika sudah masuk kemudian kita klik  "Add > +a new question" 






19. Kemudian jika anda klik a new question maka akan disuruh memilih quiz methode apa , disini saya menggunakan .


> Multiple choice 





20. Kemudian kita buat pertanyaan 

* Category : yang kita buat tadi 

* Question name : nama quiz nya 

* Question text : pertanyaa yang di berikan 







21. Kemudian di bagian Answer kita konfiguras , misal jawaban yang benar saya taruh di choice 2 atau B , maka Grade nya saya harus beri "100%" . Lihat gambar berikut .







22. Karena jawaban yang benar saya taruh di choice2 atau B , maka yang lain nya Grade nya saya beri "None" .







23. Jika anda ingin pilihan nya ada 5 , maka choice 1-5 anda isi dan jika jawaban nya benar maka Grade nya anda beri 100% di slah satu choice .







24. Jika choice sudah terisi semua dan jawaban yang benar sudah di isi , kemudian dibagian paling bawah kita pilih " Save changes" 







25. Jika sudah di save maka akan sudah tersimpan seperti di bawah ini .






26 Jika anda ingin membuat soal 20 butir anda tinggal tambahkan lagi add nya , dan buat pertanyaan lagi . Kemudian jika ingin mengecheck Quiz nya sudah terkonfigurasi atau belum anda tinggal membuat data atau user untuk siswa dan kemudian anda masuk tidak sebagai admin nya , maka anda akan bisa mengerjakan pertanyaan nya .



F. Referensi 





G. Hasil dan Kesimpulan 

Hasil yang di dapatkan kita dapat membuat pertanyaa untuk si siswa , agar dapat mengerjakan soal kita . 
Kesimpulan nya moodle ini perangkat lunak yang sangat membantu dalam methode pembelajaran disekolahan , bagi guru maupun siswa .



SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA
SEKIAN DARI SAYA
WASSALAMUALAIKUM WR . WB
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
17 September 2016 at 01:29 delete

terima kasih , atas share ilmu nya saya akan mencoba tutor anda

Reply
avatar