Konfigurasi VLAN Trunk di Mikrotik

ASSALAMUALAIKUM WR . WB


Project saya sekarang masih di Mikrotik , maka dari itu sekarang saya masih sharing mengenai Mikrotik dan sekarang saya akan sharing tentang


KONFIGURASI VLAN TRUNK DI MIKROTIK
 




A. Pengertian 

Dalam telekomunikasi , Trunking adalah metode untuk sistem menyediakan akses jaringan untuk banyak client dengan berbagi satu set garis atau frekuensi bukannya memberikan mereka secara individu . Hal ini analog dengan struktur pohon dengan satu batang dan banyak nya cabang dalam pohon itu .

Sebuah trunk adalah saluran transmisi tunggal antara dua titik , setiap titik yang baik dari switching atau node .
Jadi dapat diartika vlan trunk ini adalah jembatan untuk dua arus jaringan agar dapat saling berkomunikasi satu sama lain di jaringan itu .



B. Latar Belakang 

Disini saya mengkonfigurasi tidak dengan menggunakan akses internet jadi kita bisa konfigurasi vlan ini antar komputer dan satu komputer mengkonfigurasi satu mikrotik , kemudian ether mana yang kita jadikan trunk nya atau si jembatan nya .



C. Alat dan Bahan 

1. 2 Laptop / 2 PC
2. 2 Mikrotik
3. 3 Kabel straight  

 

D. Maksud dan Tujuan

Maksud dari konfigurasi ini , karena konfigurasi nya ini tidak usah menggunakan akses internet maka kita juga dapat mengetahui fungsi trunking itu apa , dan konfigurasi nya .
Tujuan menghubungkan dua mikrotik dengan vlan trunk dan dua mikrotik itu harus saling berkomunikasi .



E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

> Topologi





1. Pertama kita masuk dulu ke Mikrotik-1 kita , yang awal nya kita reset konfigurasinya dulu .






2. Kemudian kita masuk ke "Interface" , jika sudah masuk di interface kemudian kita klik (+) add.

(+)add > VLAN





3. Setelah masuk di VLAN nya kemudian kita konfigurasi vlan nya yaitu kita buat vlan-10 nya dulu , seperti gambar di bawah ini .

Name : vlan-10

VLAN ID : 10

Interface : ether4 (yang kita jadikan trunk)






4. Jika sudah di Apply kemudian OK , kemudian kita buat lagi vlan-20 nya dengan masuk ke .

(+) add > VLAN






5. Jika sudah masuk VLAN nya lagi kemudian kita buat vlan-20 nya , sama seperti yang kita buat di vlan-10 tetapi VLAN ID nya ganti 20 .

Name : vlan-20

VLAN ID : 20

Interface : ether4 





6. Jika sudah kita buat vlan keduanya sekarang kita ganti bridge vlan yang kita tadi buat , masih di interface kita klik (+) add .

(+) add > Bridge






7. Setelah masuk di bridge nya , sekarang kita konfigurasi bridge vlan nya yang tadi kita buat yaitu vlan-10 dan vlan-20 .

Name : bridge-vlan10






8. Lakukan konfigurasi yang sama pada vlan-20 nya , klik (+) add kemudian .


(+) add > Bridge 






9. Jika sudah masuk ke Bridge , kita ganti bridge vlan-20 nya sama seperti vlan-10 seperti dibawah ini .


Name : bridge-vlan20





10. Selanjutnya kedua vlan nya sudah kita bridge , kemudian kita masuk ke Bridge nya langsung apakah sudah terkonfigurasi tadi , lihat garis merah yang saya tandai .


Ternyata konfigurasi saya sudah terdaftar





12. Jika sudah terdaftar kita ganti masuk ke menu "ports" yang ada di Bridge tadi , jika belum ketemu liat gambar yang saya tandai, setelah masuk di port kita konfigurasi dengan klik (+)add . Kita bridge ether mana yang kita masukan ke vlan-10

Interface : ether1

Bridge : bridge-vlan10

Apply > OK





13. Jika ether nya sudah dimasukan ke bridge-vlan10 , kita ganti masukan vlan-10 , kita klik (+) add lagi .


Interface : vlan-10

Bridge : bridge-vlan10

Apply > OK







14. Kemudian kita konfigurasi yang sama di vlan 20 nya tetapi ether nya ether2 , kita klik (+) add lagi .

Name : ether2

Bridge : brdge-vlan20

Apply > OK





15. Jika sudah kita ganti vlan-20 nya kita klik (+) add .

Name : vlan-20

Bridge : bridge-vlan20

Apply > OK 






16. Jika sudah maka akan seperti dibawah ini .

Keterangan :

Rote nya memang disabled port karena itu kebalikan nya .







17. Jika sudah terkonfigurasi semuanya , kita lakukan konfigurasi tadi sama persis di Mikrotik satunya karena saya sekarang sama teman saya maka sekarang bagian yang di Mikrotik2 kemudian teman saya yang di Mikrotik1 .



18. Jika kedua Mikrotik sudah terkonfigurasi semuanya kemudian kita coba edit koneksi ip nya di Laptop kita .


Laptop 1 > 192.168.1.1

Laptop 2 > 192.168.1.2 


Jika sudah Mikrotik1 dan Mikrotik2 hubungkan dengan kabel ke masing-masing di ether4 .



19. Setelah kita konfigurasi IP di Laptop kita kemudian kita masuk terminal di Laptop kemudian masuk root dulu , ketikan perintah :

# service network-manager restart





19. Jika sudah kita check , karena saya bertugas di Mikrotik2 dan teman saya bertugas di Mikrotik1 , maka saya konfigurasi IP nya di laptop saya yang IP kedua bukan yang ke satu , coba kita check dengan perintah :


# ifconfig -a





20. Karena teman saya sudah mengkonfigurasi IP nya sekarang kita coba ping dari Laptop 2 ke Laptop 1 .


# ping 192.168.1.1







21. Kalau yang ini , di konfigurasi Laptop temen saya, dia yang bagian Mikrotik1 dan IP pada Laptop nya : 192.168.1.1


# ifconfig -a





22. Kemudian yang Laptop 1 ping ke Laptop 2


# ping 192.168.1.2





23. Ternyata Laptop 1 dan Laptop 2 sudah bisa saling terhubung .



F. Referensi 

Ebook Mikrotik 

https://en.wikipedia.org/wiki/Virtual_LAN 


G. Hasil dan Kesimpulan

Hasil konfigurasi di atas kita dapat membuat vlan trunk yaitu sebagai jembatan nya untuk si Laptop 1 ke Laptop 2 nya .
Kasimpulan nya kita dapat mengetahui manfaat dari si VLAN trunk ini untuk kita itu apa , dan konfigurasi ini tidak usah konek ke internet .



SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA 
SEKIAN DARI SAYA 
WASSALAMUALAIKUM WR . WB
Previous
Next Post »