Network-Virtualization VLAN di Mikrotik

ASSALAMUALAIKUM WR . WB

Disini project saya masih mikrotik dan di kesempatan saya kali ini akan sharing masih didunia Mikrotik , sharing saya kali ini yaitu tentang VLAN .


Konfigurasi VLAN di Mikrotik 




A. Pengertian 

Virtual Lan atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama . Padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda , vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga , vlan merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP.



B. Keuntungan VLAN 

Penerapan sebuah teknologi VLAN memungkinkan sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel untuk mendukung tujuan bisnis , berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN :

* Security - Departement yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada , akan mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting .

* Cost reduction - penghemat biaya di hasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisien penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia .

* Higher performance - Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafic yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan perform.kjk .

* Improved IT staff efficiency - Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih
mudah , karena user - user dengan kebutuhan yang sama berbagi VLAN yang sama .

* Simple project or application management - Memiliki fungsi - fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan sebuah aplikasi khusus .



C. Latar Belakang 

Latar Belakang saya mengkonfigurasi ini adalah saya baca-baca di artikel bahwa menggunakan VLAN lebih fleksibel dan simple , maka dari itu saya ingin megkonfigurasi dan juga jika kita di perusahaan kita dapat mengkonfigurasi antar kabupaten atau kota bisa menggunakan konfigurasi VLAN ini .





D. Alat dan Bahan 

1. Laptop / PC
2. Mikrotik baru



E. Maksud dan Tujuan 

Maksud saya mengkonfigurasi ini saya ingin mengetahui konfigurasi dan pembuatan VLAN nya karena project saya belum pernah sampai ke VLAN .
Tujuan nya saya ingin mengkonfigurasi 2 mikrotik dan konfigurasi nya sama , kemudian saya hubungkan ke Laptop1 dam Laptop2 dan harus bisa saling Ping .



F. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan 


* Topologi


1. Pertama kita masuk ke Mikrotik yang satu .







2. Kemudian kita beri identitas nya agar tidak tertukar dengan masuk ke
"System -> Identity" jika bingung lihat gambar dibawah ini .





jika sudah tuliskan identitas di mikrotik nya seperti yang saya lakukan seperti gambar dibawah ini --> MikroTik-1 --> Apply --> OK

 




3. Setelah kita beri identitas , kemudian kita ganti masuk

"Interfaces --> (+) add"




setelah kita (+) add --> VLAN

 




4. Jika sudah masuk kemudian kita buat VLAN- 10 nya , karena disini kita akan konfigurasi 2 VLAN yaitu 10 dan 20 .


* Name : vlan-10

* VLAN ID : 10

* Interface : ether 5 (ether ini penghubung mikrotik 1 dan 2 .







5. Jika sudah kita Apply terus OK yang di VLAN-10 , kemudian kita add --> VLAN dan konfigurasi yang sama seperti di VLAN-10 nya tetapi kita ganti menjadi VLAN-20 .


add (+) --> VLAN 





Sesudah masuk kemudian kita konfigurasi seperti dibawah ini .


* Name : vlan-20

* VLAN ID : 20

* Interface : ether 5 

kemudian kita Apply --> OK .







6. Setelah konfigurasi VLAN nya kemudian kita konfigurasi untuk VLAN nya kita bridge, kita masuk ke



Interface --> (+) add --> Bridge
.






setelah masuk ke Bridge nya kemudian kita bridge vlan 10 nya seperti di bawah ini , konfigurasinya .





kita Apply kemudian kita OK


7. Setelah kita bridge vlan 10 nya , kita ganti bridge vlan 20 nya dengan masuk (+) add kemudian pilih bridge kemudian kita lakukan konfigurasi yang sama .






terus kita Apply kemudian OK .



8. Setelah kita bridge masing-masing vlan nya kemudian kita ganti masuk ke .

Bridge > Port > (+)add . seperti gambar di bawah ini yang saya beri tanda merah .







9. Setelah kita masuk ke port kemudian kita "add" lalu kita konfigurasi seperti gambar di bawah ini .

* Interfaces : vlan-10

* Bridge : bridge-vlan10 

Apply > OK






10. Selanjutnya setelah kita konfigurasi bridge-vlan10 nya kemudian kita jadikan ke fisik vlan10 nya disini saya menggunakan "eth1" untuk vlan10 nya , lihat gambar dibawah ini .


Port > (+) add > General >>







11. Kemudian kita lakukan konfigurasi yang sama di vlan20 , tetapi yang di vlan20 nya kita masukan ke eth2 .


Bridge > Ports > (+)add > General 






12. Setelah itu kita masukan eth2 nya ke vlan 20 , konfigurasi seperti dibawah ini .


Bridge > Ports > (+)add > General







13. Kita lakukan konfigurasi yang sama di Mikrotik-2 nya sama persis . Dari pada menghambat waktu , saya langsung pemberian IP .

* Laptop 1 = 192.168.1.1/24

* Laptop 2 = 192.168.2.1/24

* Laptop 3 = 192.168.1.2/24

* Laptop 4 = 192.168.2.2/24



14. Untuk menguji vlan nya lakukan ping dari Laptop3 ke Laptop1 dan Laptop4 ke Laptop2 yang mempunyai VLAN ID yang sama , jika berhasil maka konfigurasinya sudah benar .


> Laptop3 ke Laptop1 <






> Laptop4 ke Laptop2






15. Coba lakukan ping ke VLAN ID yang berbeda , yaitu dari Laptop4 ke Laptop3 dan dari Laptop3 ke Laptop2 .


> Laptop4 ke Laptop3 <





> Laptop3 ke Laptop2 <







Ternyata konfigurasi VLAN nya berhasil , jika anda mengalami kesulitan bisa comment atau tanya kan di FB atau GMAIL , saya yang ada di Home blogger saya .


G. Referensi 

https://ivanzramadhanz.blogspot.co.id/2016/09/network-virtualization-konfigurasi-vlan.html 

Wikipedia 



H. Hasil dan Kesimpulan

Hasil yang saya dapatkan berarti konfigurasi VLAN sangat bermanfaat , karena simple dan kita hanya menyamakan vlan antar Mikrotik bisa saling terhubung .
Kesimpulan nya kita mengkonfigurasi vlan dan kita sambungkan dengan jembatan nya yaitu Eth5 yang dihubungkan Mikrotik1 dengan Mikrotik2 , maka si jembatan ini akan mengantarkan vlan dari Laptop1 ke Laptop2 .



SEMOGA BERMANFAAT BAGI PEMBACA
SEKIAN DARI SAYA
WASSALAMUALAIKUM WR . WB
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
19 September 2016 at 21:52 delete

terims kasih atas tutorial nya , semoga bermanfaat bagi saya dan lainnya .

Reply
avatar