Konfigurasi Custom Limitation Bandwith di Mikrotik

ASSALAMUALAIKUM WR . WB


Karena project saya kali ini masih tentang Mikrotik , saya akan share terus tentang Mikrotik karena Mikrotik itu sangat luas dan tidak ada hentinya .




A. Pengertian

Membatasi/Limit bandwith pada user Mikrotik hal sangat perlu dilakukan , mengingat wireless dapat di akses oleh siapa saja yang dapat mengakses nya . Sehingga agar terciptanya keadilan dan kesejahteraan pada segenap user yang dapat mengakses di perlukanlah pembatasan Bandwith Hotspot Mikrotik .



Metode Pembatasan Bandwith Mikrotik ada dua macam :
1. Built-in Limiter merupakan metode limit Bandwith hotspot mikrotik yang menggunakan parameter rate-limit di server-profile untuk melimit total traffic dari jaringan hotspot sedangkan jika ingin limit per user bisa menggunakan rate-limit di user-profile . Built-in Limitation dilakukan secara otomatis dan mudah tetapi tidak memungkinkan melakukan implementasi HTB .


2. Custom Limitation merupakan metode limit bandwith hotspot mikrotik yang merupakan parameter Incoming-packet-mark dan outgoingpacket-mark pada user-profile . Dengan menggunakan Custom Limitation anda bisa melakukan implementasi HTB dan melakukan limitasi berdasarkan kriteria koneksi yang lebih beragam .


tetapi disini saya mengkonfigurasi yang Custom Limitation .



B. Latar Belakang 

Biasanya orang-orang menggunakan yang Built-in Limitation untuk mengatur bandwith hotspot mereka karena lebih mudah dan simple , tetapi masih ada metode yang lain salah satu nya yang saya konfigurasi ini . Maka dari itu saya ingin mengkonfigurasi yang beda dari yang lain .



C. Alat dan Bahan 
1. Laptop / PC 
2. PC yang tersetting Debian 
3. PC yang tersetting Proxmox 
4. Settingan Mikrotik 
5. Koneksi Internet 




D. Maksud dan Tujuan 

Maksud mengkonfigurasi ini saya belum pernah mencobanya yang metode 2 
ini , dan saya dengan saudara masih sama-sama belajar maka kita bisa sharing-sharing tentang konfigurasi Mikrotik .

Tujuan nya saya membuat ini saya ingin membuat sebuah user dan saya akan melimit dia baik itu Download maupun Uploud yang di miliki si user nya .




E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan 


 1. Pertama kita masuk ke Mikrotik kita dulu .







2. Kita tunggu hingga masuk ke Mikrotik , jika anda ingin masuk ke Mikrotik agar tidak putus-putus kita dapat meggunakan "mac address nya saja , agar lebih detail dan tidak mudah putus-putus .






3. Jika sudah masuk , tampilannya seperti di bawah ini .









4. Pastika Mikrotik yang kita konfigurasi sudah terkonfigurasi dan sudah dapat akses ke Internet . Kita lanjut konfigurasinya dengan masuk 
IP terus ke Hotspot , jika sobat masih bingung lihat gambar saya yang saya blok merah .






5. Setelah masuk di Hotspot kemudian kita masuk ke User-Profiles . dan klik tanda (+) . kemudian masukan user baru untuk nanti yang kita limit bandwith user nya, seperti gambar di bawah ini .








6. Setelah masuk kemudian kita konfigurasi seperti dibawah ini .







Keterangan : 

* Name : Nama user-profile nya 

* Incoming packet mark : Input artinya masuk atau sama dengan uploud

* Outgoing packet mark : Out artinya keluar atau sama dengan Download 


Oh ya biasanya di bagian ini yang paling bawah yaitu "Transparent Proxy" biasanya itu tercentang maka dari itu kita hilangkan .




7. Setelah terkonfigurasi kita kemudian Apply dan OK , coba kita lihat apakah sudah terdaftar atau belum , lihat gambar di bawah ini .

 Yang di bagian "Rate Limit (rx/tx)" belum saya konfigurasi makanya belum terdaftar limit bandwith nya .






tadi saya membuat user-profile nya namanya adalah coba . Ternyata sudah terdaftar .




8. Setelah mengkonfigursai user-profile nya kemudian kita masuk ke IP kemudian ke Firewall .








9. Setelah masuk ke Firewall nya kemudian di bagian menu kita pilih "Mangle" dan kemudian klik tanda (+) .







10. Setelah kita add (+) kita konfigurasi seperti dibawah ini .

dibagian General >> Chain : prerouting 







11. Setelah konfigurasi yang General nya kemudian kita konfigurasi yang di ,


* Action : jump

* Jump Target : Hotspot







12. Kemudian kita konfigurasi yang ke 2 , kita klik lagi add (+) lagi kemudian di bagian .


* Chain : postrouting







13. Setelah konfigurasi General nya kemudian kita konfigurasi .


* Action : jump

* Jump Target : Hotspot



 



14. Setelah itu kita konfigurasi lagi yang ke-3 tetapi di sini Action nya berbeda .


* General : prerouting 








15. Setelah konfigurasi General nya , kita alih konfigurasi di bagian Action nya .


* Action : mark connection

* New connection Mark : Kita pilih yang sudah terdaftar 








16. Kemudian kita tambah konfigurasi lagi kita (+) dan di Generalnya .


* General : prerouting 






Setelah konfigurasi di general nya kemudian kita konfigurasi di Action nya.

* Action : Mark packet

* New Packet Mark : kita pilih yang sudah terdaftar 







17. Kemudian kita konfigurasi yang postrouting nya , yang tadi kan prerouting nya kita konfigurasi 2X kalu di postrouting kita konfigurasi hanya 1X .


* Chain : postrouting 






18. Setelah itu kita masuk ke konfigurasi Action nya.


* Action : mark packet 

* New Packet Mark : pilih yang seperti gambar dibawah ini .







19. Jika sudah terkonfigurasi semuanya , kemudian kita masuk di Queues ,

jika belum ketemu di menu nya lihat gambar di bawah ini .







20. Jika sudah masuk ke Queues kita pilih yang "Queue Tree" dan klik simbol (+) add .






21. Jika sudah kita add (+) kita konfigurasi seperti gambar dibawah ini .

* Name : Hotspot Total Download 

* Parent : global

* Max Limit : 1M





jika sudah kita apply terus OK maka akan tampil seperti gambar di bawah ini , itu karena konfigurasi kita berhasil .






22. Kemudian kita add (+) lagi dan konfigurasi lagi, untuk hotspot download turunannya .


* Name : HS-Download 

* Parent : Hotspot Total Download 

* Packet Mark : packet_hotspot 

* Limit At : 512k (limit bandwith nya)

* Max Limit : 1M (Maksimal bandwith nya) 







23. Kemudian kita add (+) lagi , kali ini untuk yang Uploud nya :


* Name : Hotspot Total Uploud

* Parent : global 

* Max Limit : 1M 







24. Kita buat lagi Hotspot Turunan nya untuk yang Uploud nya .


* Name : HS-Uploud

* Parent : Hotspot Total Uploud 

* Packet Mark : packet_hotspot

* Limit At : 512k (minimal bandwith nya) 

*Max Limit : 1M (maksimal bandwith nya)







25. Jika sudah seperti dibawah ini konfigurasi nya berarti sudah bisa di pakai user yang tadi .






26. Kita bedakan dengan simple Queues saya yang sudah/sedang dipakai .


Simple Queues sedang terpakai




Queues Tree yang belum dipakai.





27. Kemudian kita masuk ke IP > Firewall > kemudian Mangle . Apakah sudah aktif jika aktif akan seperti gambar di bawah ini, yang saya beri tanda merah .






28. Terakhir saya akan mencoba masuk dengan user tadi apakah bisa , jika sudah bisa masalah nya Laptop saya memakai OS Linux jadi tidak bisa mencoba nya lewat IDM atau yang lain , jika Laptop anda memakai OS Windows silahkan anda coba Youtube an atau Download . Saya yakin konfigurasi tadi
berpengaruh .





29. Tadikan saya memberik user-profile dengan nama coba dan di user nya saya tambahkan password dan saya beri password dengan nama coba juga kemudian kita enter apakah bisa , kalau bisa di Mikrotik saya , berarti di login ini akan mengarah ke website sekolah saya ini bukan kebohongan . Lihat gambar dibawah ini .






30. Ternyata saya dapat login ke user tadi dan waktu saya browsingan ternyata agak lambat karena saya memberikan Max Limit nya hanya : 1M

jika and tidak percaya lihat (Taks Bar pada login dan setelah login taks bar nya masih sama pada saat login)



F. Referensi 

http://mikrotikindo.blogspot.com/ 
Wikipedia 



G. Hasil dan Kesimpulan

Hasil yang saya dapatkan sekarang saya dapat mengkonfigurasi
Limitation Bandwith bukan dari user-profile kemudian ke user langsung melainkan dari  "Custom Limitation Bandwith" kemudian saya konfigurasi sendiri .
Kesimpulan nya berarti ada 2 metode untuk melimit bandwith di group user dan konfigurasinya juga berbeda ada yang langsung instan dan ada juga yang agak ribet .


SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA 
SEKIAN DARI SAYA
WASSALAMUALAIKUM WR . WB
Previous
Next Post »