Blokir Facebook dengan Layer7 di Mikrotik

ASSALAMUALAIKUM WR . WB

Dikesempatan kali ini saya ingin share ILMU tentang Mikrotik , tetapi project saya bukanlah Mikrotik melainkan yang lain . Saya menyempatkan waktu untuk belajar Mikrotik disini saya akan share ILMU tentang 


BLOKIR FACEBOOK DENGAN LAYER 7 DI MIKROTIK




A. Pengertian 

Hypertext Transfer Protokol Secure (HTTPS) memiliki pengertian yang sama dengan HTTP hanya saja HTTPS memiliki kelebihan fungsi dibidang keamanan (secure) , https ini memiliki perlindungan yang memadai dari serangan eaversdropppers dan main in the middle attacks . Pada umumunya port yang digunakan HTTPS adalah port 443 tingkat keamanan tergantung pada ketetapan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server , https juga didukung oleh algoritma penyandian yang aktual .
Oleh karena itu pada halaman web digunakan HTTPS dan URL yang digunakan dimulai dengan "https://" .



B. Latar Belakang 

Latar belakang saya mengkonfigurasi ini adalah saya tidak percaya kalau https itu dapat diblokir , makanya saya ingin mengkonfiguras inidan juga saya ingin belajar firewall selain blokir situs .



C. Alat dan Bahan 

1. Laptop / PC
2. PC yang sudah ada Debian nya
3. Mikrotik yang sudah tersetting


D. Maksud dan Tujuan

Maksud saya mengkonfigurasi ini adalah saya ingin belajar firewall lebih dalam di mikrotik saya , karena project saya belum pernah memegang firewall maka dikesempatan kali ini saya akan konfigurasikan .
Tujuan nya saya ingin memblokir facebook saya sendiri dan apakah bisa .



E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Kita coba browsing login facebook dulu , seperti dibawah ini




hasilnya saya bisa login berarti browser saya baik-baik saja .




2. Sekarang kita masuk ke Mikrotik kita dulu .






3. Setelah masuk kita langsung saja konfigurasikan dengan masuk ke

 IP > Firewall






3.  Setelah masuk ke Firewall kemudian kita masuk , ke Layer 7 seperti dibawah ini .






4. Kemudian jika sudah masuk kita tuliskan yang akan di blokir , disini saya akan blokir facebook . Lihat dibawah ini

Regexp : ^.+(facebook.com).*$






5. Jika anda suka apply terus kita OK maka akan terdaftar seperti dibawah ini .








6. Jika sudah kemudian kita masuk "Filter Rules" , lihat dibawah ini yang saya beri tanda kemudian klik tanda +









7. Kemudian di bagian General > Chain kita pilih "Forward" seperti gambar dibawah ini .







8. Kemudian lanjut di bagian Advanced > Layer 7 Protokol kita pilih facebook karena kita akan blokir .







9. Lalu dibagian Action kita pilih "drop" .

Drop : membuang atau mematikan






10. Setelah semuanya sudah selesai ter konfigurasi , selanjutnya kita test dengan cara browsing ke facebook . Biasanya hasilnya kalau tidak Problem Loading Page atau refresh nya muter terus 
Kalo disini punya saya tidak bisa masuk dan task bar nya muter terus . Sampai kita mengembalikan konfigurasinya tadi .





atau hasilnya bisanya







F. Referensi 

http://mikrotikindo.blogspot.com/ 

Wikipedia 



G. Hasil dan Kesimpulan 

Hasil mengkonfigurasi di atas kita dapat memblokir HTTPS dan kita dapat juga blokir ke HTTP tetapi kalu yang HTTP di artikel saya yang sebelumnya yaitu klik DISINI .
Kesimpulannya ternyata tidak hanya HTTP saja yang dapat di lokir ternyata HTTPS juga bisa , nantikan artikel saya selanjutnya dan saya akan terus
belajar .



SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA 
SEKIAN DARI SAYA
WASSALAMUALAIKUM WR . WB
Previous
Next Post »