Blokir Situs dengan Web Proxy

ASSALAMUALAIKUM WR . WB

Apa kabar sobat blogger pagi kali ini saya akan sharing tentang project saya yaitu tentang Mikrotik , dan kali ini saya mempraktekan tentang

Blokir Situs dengan Web Proxy


A. Pengertian 

Dalam jaringan komputer , server proxy adalah server (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan client mencari sumber daya dari server lain . Seorang client terhubung ke server proxy , meminta beberapa layanan , seperti file , koneksi , halaman web atau sumber daya lain yang tersedia dari server yang berbeda dan server proxy mengevaluasi permintaan sebagai cara untuk mempermudah dian mengontrol kompleksitas . Proxy diciptakan untuk menambah struktur dan encapsulasi untuk sistem terdistribusi sebagian besar proxy adalah Web proxy yaitu adalah untuk memfasilitasi akses ke konten di World Wide Web dan menyediakan anonimitas .


B. Latar Belakang

Latar belakang saya mengkonfigurasi ini , saya ingin mempraktekan dan mengetahui alur dalam konfigurasi dari diatas , saya juga ingin mengetahui manfaat dari Web proxy itu tersendiri .


C. Alat dan Bahan 

1. Settingan Mikrotik
2. Laptop / PC



D. Maksud dan Tujuan 

Maksud dari konfigurasi diatas adalah agar kita bisa tahu konfigurasi dan manfaat bagi kita apa , yaitu kita bisa blokir situs yang berbau pornografi .
Tujuan kita bisa tahu apa itu Web Proxy dan konfigurasinya dari awal sampai akhir . sampai kita juga mengetes nya sendiri .


E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan 

1. Kita masuk Mikrotik kita dulu seperti dibwah ini

Setelah itu kita pilih IP > Web Proxy yang paling bawah dan konfigurasi :







2. Setelah masuk Web Proxy di bagian menu kita pilih  "access" maka akan masuk seperti dibawah ini kemudian kita pilih (+)add seperti gambar di bawah ini :







3. Setelah masuk kita pilih add :







4. Lalu kita konfigurasi port dan situs mau di blokir , disini saya menggunakan port 80 dan situs yang saya blokir adalah situs kasku.co.id dan jangan lupa dikolom Action kita pilih deny lalu kita Apply > OK








5. Kemudian kita masuk di Web proxy access apakah konfigurasi yang kita tadi lakukan sudah masuk atau belum seperti dibawah ini :








6. Jika konfigurasi sobat sudah seperti gambar di atas maka konfigurasi nya sudah berfungsi sekarang kita coba browsing dan masuk situs yang kita blokir tadi apakah masih bisa akses atau ke blokir .






7. Inilah tampilan nya dan situs nya tidak bisa , karena saya tadi blokir situs di kakus.co.id maka hasilnya akan sperti gambar di atas .




F. Referensi 




G. Hasil dan Kesimpulan 

Hasil dari konfigurasi diatas adalah kita bisa blokir situs yang kita mau asalkan si situs menggunakan www atau kayaknya http bisa tapi saya belum mencoba nya dan kita dapat mengetahui konfigurasinya di mikrotik itu seperti apa .

Kesimpulan dari konfigurasi diatas kita dapat memblokir situs dengan port dan kita bisa mengembalikan nya dengan batas waktu yang kita inginkan .



SEMOGA BERMANFAAT BAGI ANDA 
SEKIAN DARI SAYA 
WASSALAMUALAIKUM WR . WB
Previous
Next Post »