Configuration VLAN Management

ASSALAMUALAIKUM WR . WB 

Hay sobat di kesempatan kali ini saya akan share ILMU yaitu tentang Training saya yaitu project Cisco saya yaitu tentang


CONFIGURATION VLAN MANAGEMENT



A. Pengertian 

VLAN (Virtual LAN) merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yg dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yg sama , padahal perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yg berbeda dan juga Vlan di buat menggunakan jaringan pihak ke-tiga, vlan merupakan sebuah bagian kecil IP yg terpisah secara logik .


B. Latar Belakang 

Dengan menggunakan VLAN Management ini kita bisa mengatur port mana yg bisa masuk ke server kita dengan menambahkan IP Vlan dan kita bisa lebih tenang karena dengan adanya VLAN Management ini , kita bisa mengkonfigurasi mana PC yg dapat terhubung ke Vlan . dan meremote Server kita .


C. Alat dan Bahan 

1. Laptop / PC 
2. Cisco Packet Tracer 


D. Maksud dan Tujuan 

Saya mengkonfigurasi Vlan management ini ingin mengetahui bagaimana alur konfigurasi nya dan manfaat Vlan management ini apa saja . saya juga ingin konfigurasi apa saja yg dilakukan dlam konfigurasi Vlan management tersebut .

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan 

1. Saya melanjutkan Konfigurasi yg kemaren .
2. Buat Topologi seperti dibawah ini, sesuaikan juga port nya :




3. Kemudian kita konfigurasi pada switch seperti dibawah ini :




S1>en
Password:
S1#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
S1(config)#vlan 100
S1(config-vlan)#name Management
S1(config-vlan)#end
S1#
%SYS-5-CONFIG_I: Configured from console by console

S1#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
S1(config)#int vlan 100
S1(config-if)#ip add 192.168.100.254 255.255.255.0
S1(config-if)#no shut
S1(config-if)#exit
S1(config)#int fa0/10
S1(config-if)#sw
S1(config-if)#switchport mo
S1(config-if)#switchport mode access
S1(config-if)#sw access vlan 100
S1(config-if)#
%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface Vlan123, changed state to down

%LINEPROTO-5-UPDOWN: Line protocol on Interface Vlan100, changed state to up

S1(config-if)#no shut
S1(config-if)#

 4. Setelah kita konfigurasi Vlan nya kita beri password pada Vlan tersebut seperti di bwah ini :



S1(config-if)#exit
S1(config)#li
S1(config)#line vt
S1(config)#line vty 0 4
S1(config-line)#pas
S1(config-line)#password nixtrain
S1(config-line)#login
S1(config-line)#exit
S1(config)#ena
S1(config)#enable sec
S1(config)#enable secret nixtrain
S1(config)#exit


5. Kemudian kita beri ip pada PC2 , karena PC2 yg saya buat VLAN Management nya .






6. Kemudian kita coba ping VLAN yg kita buat tadi di PC dan pasti kita bisa Remote switch .

karena saya membuat VLAN nya tidak 100 tapi ip nya 123 , maka saya remote IP VLAN saya .








F. Hasil dan Kesimpulan

1. Hasil dan Kesimpulan nya mengkonfigurasi Vlan Management ini adalah kita bisa Tenang karena Security di VLAN Management ini , sudah terjamin .
Dari konfigurasi di atas saya jadi tahu alur mengkonfigurasi VLAN Management.


G. Referensi 
https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN 
Ebook Cisco Nixtrain 


SEMOGA BERMANFAAT 
SEKIAN DARI SAYA 
WASSALAMUALAIKUM WR . WB

Previous
Next Post »